Selasa, 15 November 2011

Pertemuan 7


Nama    : Martha Natalina Damanik
Mik       :  92
Laporan : Praktikum java pertemuan ke 7


PACKAGE DAN JAVA KELAS

MEMBUAT PROGRAM Manusia.java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
// Mengelompokkan
public class Manusia {
//kelas manusia
   public String nama= "";
//tipe data String atribut nama dan nilainy spasi
   public Manusia (String nama) {
// constructor Manusia
//Method Manusia tipe data String parameter nama
        this.nama = nama;


    }

  }
MEMBUAT PROGRAM Tumbuhan.java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
//kelas Tumbuhan
    public String nama = "";
//tipe data String atribut nama dan nilainy spasi
    public Tumbuhan (String nama) {
// constructor Tumbuhan
//Method Tumbuhan tipe data String parameter nama
         this.nama= nama;
     }
    
   }
MEMBUAT PROGRAM Burung.java
// file Burung harus berada dalam folder makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup.hewan;
public class Burung {
//kelas Burung
   public static final boolean bisaTerbang = true;
//atribut konstanta tipe data Boolean atribut bisa Terbang dengan nilai true
   public String nama ="";
//tipe data String atribut nama dan nilainy spasi
  public Burung (String nama) {
// constructor Tumbuhan
//Method Tumbuhan tipe data String parameter nama
      this.nama = nama;
      System.out.println("Nama burung: "+nama);
     
   }
  
 }

MEMBUAT PROGRAM MainMakhlukHidup.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
public class MainMakhlukHidup {
//kelas MainMakhlukHidup
    public static void main (String [] args){
// fungsi utama
         makhlukhidup.Manusia m = new makhlukhidup.Manusia  ("Sayuti");
//karena kelas Manusia berada dipackage makhluk hidup,
Membuat objek baru m dari kelas Manusia dengan nama Sayuti
         System.out.println("nama : "+m.nama);

         makhlukhidup.Tumbuhan t = new  Tumbuhan ("palem");
//karena kelas Tumbuhan berada dipackage makhluk hidup,
Membuat objek baru t dari kelas Tumbuhan dengan nama palem
         System.out.println("nama : "+t.nama);
         System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang?"+makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
           makhlukhidup.hewan.Burung b = new  .Burung("Beo");
//karena kelas Burung berada dipackage makhluk hidup,
Membuat objek baru b dari kelas Burung dengan nama Beo

           }

         }

OUTPUTNYA:




MEMBUAT PROGRAM MainMakhlukHidupPakeImport.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
import makhlukhidup.*;
import makhlukhidup.hewan.*;


public class MainMakhlukHidupPakeImport {
   public static void main(String [] args) {
   Manusia m = new Manusia ("Sayuti");
   System.out.println ("nama : "+m.nama);


   Tumbuhan t = new Tumbuhan ("Palem");
   System.out.println ("nama : "+t.nama);

   System.out.println ("semua burung pasti bisa terbang?"+Burung.bisaTerbang);
                  Burung b = new Burung ("Beo");

           }

        }
OUTPUTNYA







MEMBUAT PROGRAM ContohString.java
public class ContohString {
//kelas ContohString
public static void main (String[] args) {
//fungsi utama
            String Kalimat = "Selamat belajar JAVA";
// tipe data String atribut Kalimat dengan nilai=Selamat belajar JAVA
            System.out.println ("toUpperCase  : "+Kalimat.toUpperCase());
//menkonversi huruf kecil menjadi huruf besar
//SELAMAT BELAJAR JAVA
            System.out.println ("toLowerCase  : "+Kalimat.toLowerCase());
// menkonversi huruf besar menjadi huruf kecil
//selamat belajar java
            System.out.println ("Jumlah karakter : " +Kalimat.length());
//menentukan panjang  karakter
            System.out.println ("Karakter ke index ke 0 : " +Kalimat.charAt(0));
//menentukan karakter index = S
            System.out.println ("substring (16,20)  : " +Kalimat.substring (16,20));
//mennetukan karakter 16,29 : JAVA
            System.out.println ("karakter index ke 0 : " +Kalimat.trim());
//karakter index ke 0:Selamat belajar JAVA
}
}

MEMBUAT PROGRAM OpMatematika.java
1.       E  : Nilai ganda yang lebih dekat daripada yang lainnya ke e, basis dari logaritma natural.
2.       PI: Nilai ganda yang lebih dekat dari yang lain untuk pi, rasio keliling lingkaran dengan diameternya.
3.       Ln 20 :
4.       Ceil :  Mengembalikan terkecil (paling dekat dengan tak terhingga negatif) nilai ganda yang lebih besar dari atau sama dengan argumen dan sama dengan sebuah integer matematika
5.       Floor
public static double floor(double a)
Returns the largest (closest to positive infinity) double value that is less than or equal to the argument and is equal to a mathematical integer. Special cases:
·         If the argument value is already equal to a mathematical integer, then the result is the same as the argument.
·         If the argument is NaN or an infinity or positive zero or negative zero, then the result is the same as the argument.
Parameters:
a - a value.
Returns:
the largest (closest to positive infinity) floating-point value that less than or equal to the argument and is equal to a mathematical integer.

6.       Round :  Mengembalikan int yang paling dekat dengan argumen
7.       Sgrt :  Mengembalikan akar benar bulat kuadrat positif dari nilai ganda.
       8.    Pow :  Mengembalikan nilai dari argumen yang pertama pangkat dari argumen kedua.

 Out putnya :







































Tidak ada komentar:

Posting Komentar